November 8, 2017

Bis Tingkat Wonogiri - Solo - Jakarta PP Putera Mulya



Bagi anda yang ingin bepergian dari Wonogiri atau Solo ke Jakarta atau arah sebaliknya kini hadir Perusahaan Otobus dengan kelas Super Executive Class dan First Executive Class, yaitu PO. Putera Mulya. Perusahaan ini menghadirkan armada spesial Double Decker alias Bis Tingkat untuk rute ini. Dengan Armada bertenaga Scania k410 ib dibekali dengan fitur transmisi canggih Opticruise, Mesin ini bisa menghasilkan tenaga maksimum 410 HP atau 306 Kw pada 1.900 rpm dan merupakan jenis mesin yang  irit konsumsi bahan bakar. Bis asal pabrikan asal Swedia ini dilengkapi fitur keamanan maksimal berupa Electronic Braking System (EBS) dan Anti Lock Brake System (ABS), retarder, bus stop brake dan fitur hill hold yang membuat bus tidak mengalami rollback saat berhenti pada saat kondisi tanjakan. 

PO Putera Mulya merupakan Bus antar kota antar propinsi pertama untuk rute ini yang menggunakan armada Double Decker, meskipun saat ini muncul pesaing dari PO.Agra Mas dengan Mercy OH 2542-nya. PO. Putera Mulya menghadirkan layanan berbeda dengan bis dua lantai, untuk lantai pertama diisi kelas Super Executive dengan jumlah tempat duduk hanya 6. Sedangkan, untuk lantai atas untuk kelas First Executive dengan konfigurasi tempat duduk 2-2. 

Setiap tempat duduk dilengkapi dengan fasilitas VOD (Video On Demand) di setiap tempat duduk. Alias ada tivinya di setiap tempat duduk. Temen-temen bisa menonton film atau mendengarkan musik yang disediakan atau membawa stok film sendiri dengan menancapkan flashdisk pada VOD. Kalau ada yang pernah naik pesawat Batik Air, ya mirip mirip gitulah. Tetapi stok film yang ada terbatas tidak seperti pada Pesawat Batik Air. Disarankan membawa headset sendiri ya biar kedengeran suaranya. Kalo tidak nanti hanya menikmati gambar bergerak saja. 

Kebetulan kemaren admin melalukan perjalanan dari Terminal Kartusuro tujan Jakarta dengan bis ini. Dari terminal kartosuro bis ini dijadwalkan berangkat pukul 15.30 WIB. Penumpang diwajibkan untuk sudah berkumpul 30 menit sebelum keberangkatan. Namun, kemaren dikarenakan kondisi jalanan yang sedikit macet (info agen) bis baru tiba di terminal Kartosuro sekitar pukul 15:45 WIB. Penumpang yang sudah berkumpul langsung dipersilahkan untuk naik ke bis. 

Sengaja saya duduk di dek atas karena ingin merasakan sensasi dari dek atas. Kebetulan dapat kursi di 4d, namun harus sedikit mengalah di 4c karena 4d sudah ditempati mbah-mbah dan sudah sulit untuk diajak komunikasi. Tak apalah sekalian bisa ngintip ngintip depan kalo dari 4c. Sebenarnya saya mengincar Hot seat paling depan, tapi sudah kalah cepat. 

Setelah naik pihak kru melakukan pengecekkan penumpang dan membagikan snack. Kemudian saya langsung menontong Wonder Woman dari VOD sambil menikmati goyangan lembut suspensi khas Scania. Saya sempat bertanya pada kru mengenai selimut, yang ternyata di simpan di bagasi atas kabin.

Suspensi bis dari dek atas terasa ini cukup nyaman. Mampu meredam getaran dengan baik. Yang masih saya ingat adalah terakhir lewat tol Bawen Semarang dengan armada Mercy OH 1626 yang sudah dilengkapi Air Suspensi bawaan pabrik masih terasa guncangan akibat beton yang tidak rata. Namun dengan bis ini, hampir tidak terasa. hmmm....

Bis juga berlari cukup gesit. Walaupun dengan body bongsornya tapi masih cukup lincah di jalanan tanpa mengurangi sedikitpun kenyamanan penumpang. Di tol Cipali pun bus terlihat cukup bertenaga melibas bus lainnya dengan tenaga 410 hp hanya kalah gesit sedikit dari PO. Haryanto. Namun dari kabin tetap terasa nyaman, beda dengan bis ekonomi yang apabila bis melaju juga akan terasa dari dalam kabin penumpang. 

Perjalanan denga bis double decker ini akan berisitrahat sejenak di Rumah makan Raos Eco, di Gringsing. Pihak rumah makan menyediakan ruangan dan toilet khusus untuk penumpang Putera Mulya Double Decker. Ruangan yang disediakan cukup bersih dan fasilitas makannya pun cukup lumayan enak. 

Perjalanan berakhir lebih cepat dari prediksi saya. Pukul 03.00 WIB dinihari bis sudah tiba di Terminal Induk Sentra Timur Pulogebang. Perjalanan 11 jam yang cukup berkesan. bis kemudian melanjutkan perjalanan ke Terminal akhir yaitu Pondok Pinang.

Bis ini dilengkapi dengan beberapa fasilitas tambahan. Smoking Room di dek atas. Dalam ruangan ini penumpang juga bisa menikmati angin luar karena kacanya bisa dibuka. Toilet ada dek bawah. Selain itu juga ada coffe maker di dek bawah.

Harga yang harus ditebus untuk menikmati layanan bis ini berbeda untuk dek bawah dan atas, berikut rinciannya:
Harga dek bawah Kelas Super Executive 6 seat adalah Rp.  325 ribu. Dengan fasilitas sebagai berikut : AC, VOD on Seat, Electric Seat Adjustable, Selimut, Leg Rest, Toilet, Coffee Maker, Makan Prasmanan dan Snack.
Sedangkan harga dek atas Kelas First Executive 38 Seat konfigurasi 2-2 adalah Rp.  225 ribu. Dengan fasilitas sebagai berikut: AC, VOD on Seat, Reclining Seat, Selimut, Toilet, Leg Rest, Coffee Maker,  Makan Prasmanan dan Snack.

Bagi temen temen yang akan berangkat dari Salatiga dan Bawen jangan khawatir, karena bis ini juga menerima penumpang dari agen di sana. 

Selain jurusan Wonogiri - Jakarta, saat ini PO Putera Mulya membuka Jurusan Prambanan - Bogor, dengan jenis dan kelas armada yang sama. 

Oke Sekian, pokoknya ini bis recomended. (wzn)
untuk info agen bisa kunjungi blog sebelah -->> http://www.sukabis.org/2017/07/kontak-jaringan-agen-dan-rute-trayek-bus-putera-mulya/












Share:

0 comments:

Post a Comment

Followers

Recent Posts

Theme Support

Need our help to upload or customize this blogger template? Contact me with details about the theme customization you need.